George Friedrich Benhard Riemann

Riemann lahir di Breselenz, sebuah desa dekat Dannenberg di Kerajaan Hanover ketika masa Republik Federal Jerman. Ayahnya, Friedrich Bernhard Riemann, adalah seorang pendeta Lutheran miskin di Breselenz yang berjuang dalam Perang Napoleon. Ibunya, Charlotte Ebell, meninggal dunia sebelum anak-anaknya mencapai usia dewasa. 

Riemann merupakan anak kedua dari enam bersaudara. Riemann dikenal dengan kepribadiannya yang cenderung pemalu dan menderita banyak kerusakan saraf. Riemann menunjukkan kemampuan matematika luar biasa, seperti kemampuan kalkulasi yang fantastis, meskipun sejak usia dini ia memiliki sikap pemalu dan takut untuk berbicara di depan umum.
Pada tahun 1840, Riemann pergi ke Hanover untuk tinggal bersama neneknya dan mengikuti lyceum (sekolah menengah). Setelah kematian neneknya pada tahun 1842, Riemann menghadiri sekolah tinggi di Johanneum Lüneburg. Di sekolah tinggi tersebut, Riemann mempelajari Alkitab secaraintensif, tetapi ia sering terganggu oleh matematika. Untuk tujuan memenuhi rasa penasarannya pada matematika, ia mencoba untuk membukti kan kebenaran matematis dari Book of Genesis. Gurunya kagum oleh kemampuannya yang mahir untuk menyelesaikan operasi matematika yang rumit, oleh sebab itu Riemann sering melampaui pengetahuan instrukturnya. Pada tahun 1846, ketika usianya menginjak 19 tahun, Riemann mulai belajar filologi dan teologi untuk menjadi imam dan membantu keuangan keluarga.
Selama musim semi tahun 1846, ayahnya Friedrich Riemann, mengirim Riemann ke universitas, dia berhenti belajar teologi dan mulai menekuni matematika. Ia dikirim ke Universitas terkenal Göttingen, dimana ia pertama kalibertemu Carl Friedrich Gauss, dan menghadiri kuliah pada metode kuadrat terkecil. Pada tahun 1847, Riemann pindah ke Berlin, tempat dimana ilmuwan seperti Jacobi, Dirichlet, Steiner, dan Enstein mengajar. Dia tinggal di Berlinselama dua tahun dan kembali ke Göttingen pada 1849.

Bernhard Riemann menyelenggarakan kuliah perdananya pada tahun1854 yang menemukan bidang Geometri Riemann. Bidang ini kemudian dipakaioleh Einstein menjadi perangkat untuk menguji teori umum relativitas Einstein. Ceramahnya berjudul Über die Hypothesen welche der Geometrie zu Grundeliegen ("Dasar-Dasar Geometri"; atau lebih tepatnya, "Hipotesis yang MendasariGeometri"). Pada tahun 1857, ada upaya untuk mempromosikan Riemann ke status profesor luar biasa di Universitas Göttingen. Upaya ini gagal dan hal itu mengakibatkan Riemann akhirnya diberikan gaji biasa. Pada 1859, setelah kematian Dirichlet, ia dipromosikan menjadi kepala departemen matematika di Göttingen. Dia juga orang pertama yang menyarankan menggunakan dimensi yang lebih tinggi dari sekadar tiga atau empat dimensi dalam rangka untuk menggambarkan realitas fisik sebuah ide yang pada akhirnya terbukti benar dengan kontribusi Einstein di awal abad 20. Pada tahun 1862 ia menikahi EliseKoch dan memiliki seorang putri.







Comments

Popular posts from this blog

SESATAN HEXAGON