Phythagoras



Pythagoras lahir di pulau Samos, Yunani Selatan, sekira tahun 580 SM. Ayahnya bernama Mnesarchus, seorang pedagang yang berasal dari Tyre. Ia juga termasuk keturunan dari keluarga terpandang. Pythagoras adalah salah satu tokoh matematika yang mengembangkan teori-teori dasar matematika. Salah satu buah pemikirannya yang cukup dikenal bahkan oleh anak-anak usia sekolah adalah “teorema Pythagoras"

 

Pythagoras beruntung dapat memperolah pendidikan dengan baik. Paling tidak terdapat tiga filsuf yang paling berpengaruh terhadap Pythagoras muda, yaitu :
  1. Pherekydes yang digambarkan sebagai guru dari Pythagoras.
  2. Thales, dalam Iamblichus, Life of Pythagoras (translated into English by T Taylor) (London, 1818)  disebutkan bahwa saat belajar di bawah bimbingan Thales, Pyhtagoras tengah berusia antara 18 s.d 20 tahunan. Thales sangat mempengaruhi minat Pythagoras dalam bidang matematika dan astronomi. Beliau menyarankan Pythagoras untuk pergi ke Mesir untuk mempelajari lebih lanjut bidang ini. dan
  3. Anaximander, beliau ini adalah murid dari Thales sekaligus menjadi guru dari Pythagoras. Ide-ide tentang geometri dan kosmologi dari Anaximander sangat mempengaruhi pandangan Pythagoras.

    Sekitar tahun 535 SM, Pythagoras pergi ke Mesir. Di sana ia mengunjungi banyak kuil dan berdiskusi dengan para imam di kuil tersebut. Pada tahun 525 SM, Chambyses II, raja Persia menyerang Mesir, Mesir jatuh ketangan Persia. Banyak tokoh dijadikan tawanan, termasuk Pythagoras. Ia ditawan dan dibawa ke Babilonia. Sekitar tahun 520 SM Pythagoras mendapatkan kebebasannya dan kembali ke Samos. Sekembalinya di Samos, Pythagoras sempat mempelajari ilmu hukum di Kreta (Crete), dan mendirikan sebuah sekolah yang diberinya nama “Semicircle” (setengah lingkaran). Pythagoras meninggalkan Samos pada 1518 SM. Tidak lama kemudian dia membuka sekolah di Croton yang menerima murid tanpa membedakan jenis kelamin. Sekolah itu menjadi sangat terkenal bahkan dia akhirnya menikah dengan salah satu muridnya. dia pergi ke Delos pada 513 SM untuk merawat penolong sekaligus gurunya, Pherekydes. Pythagoras menetap di sana sampai dia meninggal pada 475 SM
    Oke, cukup sekian postingan kali ini semoga para viewer sekalian dapat mengerti mengenai biografi dari pythagoras. postingan ini masih jauh dari kesempurnaan, maka kalau ada yang kurang mengerti mengenai penjelasan sederhana mengenai phytagoras tersebut silahakan postkan komentar anda.

Comments

Popular posts from this blog

SESATAN HEXAGON